Design for Environment

Untuk mencapai keberlanjutan industri, muncul disiplin ilmu Ekologi Industri. Ilmu Ekologi Industri berusaha untuk membangun sebuah sistem industri yang meniru ekosistem alam, dan menghindari produksi limbah daripada mengolah limbah kembali (Green Technologies). Sistem industri yang meniru ekosistem sudah pernah kita lihat contohnya di Kalundborg Eco Industrial Park.

Namun bagaimana untuk menghindari limbah dari kegiatan industri? yang utama tentu adalah upaya untuk mencegah timbulnya polusi dari kegiatan industri. Namun, harus dipikirkan juga desain produk hasil industri yang tidak akan menjadi polusi yang membahayakan di akhir masa hidupnya. Maka perlu didesain sebuah produk yang menggunakan sesedikit material dan mudah didaur ulang atau memiliki nilai alih guna. Inilah yang disebut dengan Design for Environment.

Proses desain sangat penting dalam pengambilan keputusan tentang karakteristik produk yang akan dihasilkan. Baik dari segi estetika, ergonomi, atau jangka waktu masa hidup produk itu sendiri. Di sinilah muncul istilah Design for Environment (DfE).

DfE adalah cara untuk mengurangi dampak ekologis sebuah produk selama masa hidupnya. Pelaksanaan DfE yang efektif akan meningkatkan kualias dan menurunkan biaya sekaligus mengurangi dampak ekologis. Maka diperlukan perubahan cara pandang perusahaan manufaktur untuk melihat kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi sebagai sebuah siklus tertutup yang terintegrasi tanpa ada pemisah.

DfE  diaplikasikan di setiap langkah Product Development. dari Planning, tim harus mendefinisikan tujuan DfE yang ingin dicapai. Pada tahap Concept Development dan System-Level Design, tim meneliti material yang akan digunakan dan menyiapkan Guideline dalam proses desain. Di proses Detail Design Testing and Refinement tim meneliti dampak lingkungan dari produk dan menyempurnakan desain produk. ketika produk mulai diproduksi menggunakan alat umum, tim menganalisa dampak dari proses produksi dari produk.

DfE hanyalah sebagian aspek yang perlu dipertimbangkan dalam desain produk. Manufakturabilitas, Logistik, Harga, dan Keandalan adalah bebagai aspek lain yang perlu dipertimbangkan, dan tidak boleh ditutupi oleh DfE. Desain yang aman untuk lingkungan akan menjadi percuma bila tidak berfungsi atau laku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *